Halaman

Minggu, 25 November 2012

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMEN



Pengertian perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu perilaku konsumen menurut Loudon dan Della Bitta (1993) adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yang semuanya ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.

Menurut Ebert dan Griffin (1995) consumer behavior dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.

  • Model perilaku konsumen
Konsumen mengambil banyak macam keputusan membeli setiap hari. Kebanyakan perusahaan besar meneliti keputusan membeli konsumen secara amat rinci untuk menjawab pertanyaan mengenai apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak mereka membeli, serta mengapa mereka membeli.

Pertanyaan sentral bagi pemasar: Bagaimana konsumen memberikan respon terhadap berbagai usaha pemasaran yang dilancarkan perusahaan? Perusahaan benar−benar memahami bagaimana konsumen akan memberi responterhadap sifat-sifat produk, harga dan daya tarik iklan yang berbeda mempunyai keunggulan besar atas pesaing.

  • Faktor Budaya
Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang.
Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar seringkali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Kelas-kelas sosial adalah masyarakat yang relatif permanen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan keanggotaannya mempunyai nilai, minat dan perilaku yang serupa. Kelas sosial bukan ditentukan oleh satu faktor tunggal, seperti pendapatan, tetapi diukur dari kombinasi pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kekayaan dan variable lain.

  • Pengaruh Budaya Yang Tidak Disadari
Dengan adanya kebudayaan, perilaku konsumen mengalami perubahan . Dengan memahami beberapa bentuk budaya dari masyarakat, dapat membantu pemasar dalam memprediksi penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar. Pengaruh budaya sangat alami dan otomatis sehingga pengaruhnya terhadap perilaku sering diterima begitu saja. Ketika kita ditanya kenapa kita melakukan sesuatu, kita akan otomatis menjawab, “ya karena memang sudah seharusnya seperti itu”. Jawaban itu sudah berupa jawaban otomatis yang memperlihatkan pengaruh budaya dalam perilaku kita. Barulah ketika seseorang berhadapan dengan masyarakat yang memiliki budaya, nilai dan kepercayaan yang berbeda dengan mereka, lalu baru menyadari bahwa budaya telah membentuk perilaku seseorang. Kemudian akan muncul apresiasi terhadap budaya yang dimiliki bila seseorang dihadapan dengan budaya yang berbeda. Misalnya, di budaya yang membiasakan masyarakatnya menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi akan merasa bahwa hal itu merupakan kebiasaan yang baik bila dibandingkan dengan budaya yang tidak mengajarkan masyarakatnya menggosok gigi dua kali sehari. Jadi, konsumen melihat diri mereka sendiri dan bereaksi terhadap lingkungan mereka berdasarkan latar belakang kebudayaan yang mereka miliki. Dan, setiap individu akan mempersepsi dunia dengan kacamata budaya mereka sendiri.

  • Pengaruh Budaya dapat Memuaskan Kebutuhan
Budaya yang ada di masyarakat dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Budaya dalam suatu produk yang memberikan petunjuk, dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dengan menyediakan metode “Coba dan buktikan” dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial. Misalnya dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang pada waktu makan. Begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen misalnya sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.

  • Pengaruh Budaya dapat Dipelajari
Budaya dapat dipelajari sejak seseorang sewaktu masih kecil, yang memungkinkan seseorang mulai mendapat nilai-nilai kepercayaan dan kebiasaan dari lingkungan yang kemudian membentuk budaya seseorang. Berbagai macam cara budaya dapat dipelajari. Seperti yang diketahui secara umum yaitu misalnya ketika orang dewasa dan rekannya yang lebih tua mengajari anggota keluarganya yang lebih muda mengenai cara berperilaku. Ada juga misalnya seorang anak belajar dengan meniru perilaku keluarganya, teman atau pahlawan di televisi. Begitu juga dalam dunia industri, perusahaan periklanan cenderung memilih cara pembelajaran secara informal dengan memberikan model untuk ditiru masyarakat. Misalnya dengan adanya pengulangan iklan akan dapat membuat nilai suatu produk dan pembentukan kepercayaan dalam diri masyarakat. Seperti biasanya iklan sebuah produk akan berupaya mengulang kembali akan iklan suatu produk yang dapat menjadi keuntungan dan kelebihan dari produk itu sendiri. Iklan itu tidak hanya mampu mempengaruhi persepsi sesaat konsumen mengenai keuntungan dari suatu produk, namun dapat juga memepengaruhi persepsi generasi mendatang mengenai keuntungan yang akan didapat dari suatu kategori produk tertentu.

  • Pengaruh Budaya yang Berupa Tradisi
Tradisi adalah aktivitas yang bersifat simbolis yang merupakan serangkaian langkah-langkah (berbagai perilaku) yang muncul dalam rangkaian yang pasti dan terjadi berulang-ulang. Tradisi yang disampaikan selama kehidupan manusia, dari lahir hingga mati. Hal ini bisa jadi sangat bersifat umum. Hal yang penting dari tradisi ini untuk para pemasar adalah fakta bahwa tradisi cenderung masih berpengaruh terhadap masyarakat yang menganutnya. Misalnya yaitu natal, yang selalu berhubungan dengan pohon cemara. Dan untuk tradisi-tradisi misalnya pernikahan, akan membutuhkan perhiasan-perhiasan sebagai perlengkapan acara tersebut.
  • Perubahan Nilai Budaya
Budaya juga perlu mengalami perubahan nilai. Ada beberapa aspek dari perlunya perluasan perubahan budaya yaitu :
  1. Budaya merupakan konsep yang meliputi banyak hal atau luas. Hal tersebut termasuk segala sesuatu dari pengaruh proses pemikiran individu dan perilakunya. Ketika budaya tidak menentukan sifat dasar dari frekuensi pada dorongan biologis seperti lapar, hal tersebut berpengaruh jika waktu dan cara dari dorongan ini akan memberi kepuasan. 
  2. Budaya adalah hal yang diperoleh. Namun tidak memaksudkan mewarisi respon dan kecenderungan. Bagaimanapun juga, bermula dari perilaku manusia tersebut. 
  3. Kerumitan dari masyarakat modern yang merupakan kebenaran budaya yang jarang memberikan ketentuan yang terperinci atas perilaku yang tepat.
  • Variasi nilai perubahan dalam nilai budaya terhadap pembelian dan konsumsi
Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana dalam hal ini dimasukkan kedalam kategori-kategori umum yaitu berupa orientasi nilai-nilai lainnya yaitu merefleksi gambaran masyarakat dari hubungan yang tepat antara individu dan kelompok dalam masyarakat. Hubungan ini mempunyai pengaruh yang utama dalam praktek pemasaran.
Sebagai contoh, jika masyarakat menilai aktifitas kolektif, konsumen akan melihat kearah lain pada pedoman dalam keputusan pembelanjaan dan tidak akan merespon keuntungan pada seruan promosi untuk “menjadi seorang individual”. Dan begitu juga pada budaya yang individualistik. Sifat dasar dari nilai yang terkait ini termasuk individual/kolektif, kaum muda/tua, meluas/batas keluarga, maskulin/feminim, persaingan/kerjasama, dan perbedaan/keseragaman.

Sumber :




Jumat, 23 November 2012

ANIME "ANOTHER"

taraa di tahun dua ribu dua belas ini gue mau sedikit ngebahas "anime" yaa berhubung sampe saat ini klo ada wktu luang dan nganggur masih aja bergelut buat nonton anime gak tau knp skrg lagi seru aja nonton2 anime dari pada baca komiknya, lagi pula satu alasan karna komik sudah mulai mahal -,- :D :D
okee langsung aja yaa dimulai dari keisingan gue nyari2 anime nyeker2 diyoutube eh nemu anime "Another" prtamanya sih nemu live actionnya tapi live actionnya masih baru2 keluar dijepang bulan agustus jadi belum ada yg upload ke youtube hehe..
akhirnya karna penasaran nyeker2 google deh nyari anime another sub indo, sengaja nyari yg sub indo biar gak salah paham ngartiinnya apa lagi klo bacaannya panjang susah juga diartiin yg ada salah paham terus hahaa..
setelaahh gue nyarii dan nyeker2 akhirnya ketemu juga daaaannnnnnnnnn baru awal2 aja gue nonton hmm okee bikin penasaran mau nonton teruss, klo diliat-liat ini anime horror looh :s
---------------------------------------



ini sedikit mau cerita aja awal-awal itu di critain tentang murid yang meninggal yaitu "misaki" kelas 3-3 dicrita dia itu murid yang terkenal krna pinter dan bisa baik semua temen2nya juga suka, sampe misaki pun meninggal karna kecelakaan guru2 dan temen2nya disatu sekolah kaget kyk gak percaya gitu lah klo misaki meninggal dan temen kelas misaki bilang klo misaki itu masih ada disekitar mereka duduk dibangkunya (ini kok mirip2 bangku kosong yaa :s)*horror deh horror*
guru2nya juga gitu sampe perpisahan kelas 3-3 yaa kyk acara wisuda gitu guru2 nyiapin kurisi "khusus" buat misakiiiii dan katanya "dia" muncul di foto perpisahan :s 
disini nih mulai gak bener sama kelas 3-3 kenapa ?? katanya sih denger denger kelas itu kena "KUTUKAN" *merindiiiiiiiiiiiiinggggggg*
mau tau knp kena kutukan??? ayoo nonton2 cari animenya
--------------------------------------- 



dan yang bikin penasaran , setelah gue nonton klanjutannya ada yg "aneh" ada anak yang namanya "misaki" lengkapnya mei misakiiii dia itu berada dikls.............. 3-3 duduknya pun dibelakang paling pojok dengan kursi yg udh jelek bgt aaaaakkkkkkkkkk bnyak tanda tanya dikepala gue karena apa ??? karena mei misaki itu gak terlihat :s
hayoooo makin penasaran kannn????????????????
kenapa dia gak dianggap ada??? seolah-olah gak terlihat
--------------------------------------- 



oiyaa seblmnya ada anak baru disekolahan itu yaa karna hari pertama si anak baru itu sakakibara klo gak salah namanya itu deh dia sakit dan harus dirawat jd gak sempet masuk hari pertama , horrornya lagi di rumah sakit gak ngerti sakakibara mau kemana dia naik lift disitu dia ktmu sama anak prempuan dengan mata ditutup sebelah bawa boneka pula horror deh.....
tiba2 liftnya lgsg cepet bgt turun ke lantai dasar dan dilantai dasar itu kaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnn aaaaaaaaaakkkkkkkkkkk "kamar mayaaaatttt" 
si sakakibara kaget juga dan nanya dia mau kemana pokoknya dijawab sama anak prempuan itu klo dia mau ktmu sama sebagian dirinya :s 
tambaahh penasaran kannnn *merindingg*
terus teruuusss pas ditanya namanya siapaaaaaaaa diaa sebutt meii.... misaki mei....
yang bikin penasaran itu misaki mei itu siaapaa?????
ngapain dia kekamar mayat???
teruss dibalik penutup matanya itu apaa sebenarnyaa??
--------------------------------------- 





semuanya yg berada di kelas 3-3  saat itu juga terkena kutukan........ katanya ada hubungannya dengan sakakibara dan misaki mei , satu kelas itu mendapatkan kutukan yg gak wajar dari tragedi kematiannya..
semua murid 3-3 dan guru2 berusaha menghentikan "kutukan" itu tapii apakah berhasil???
dan kenapa murid 3-3 terkena "kutukan" apa benar gara2 sakakibara dan misaki mei ???
siapa itu misaki mei?? siapa diaa??
kenapa kutukan itu berada di kelas 3-3??
"kembalikan orang mati ketempatnya" itu lah satu2nya cara menghentikannya!!
mau tauu???????????????????????? silakan download animenya ajaa dijamiinn gak akan nyeselll seruu lohh dari pada penasaran ....

okee sampe sini aja yaa pembahasan gue tentang "ANOTHER"
semogaa yg baca makin makin makin penasaran yaaa hahaha

Rabu, 14 November 2012

Gombalan – Gombalan Guee...


Mata kamu itu tajem bgt yaa | hah? | iya soalnya mata kamu itu bisa langsung memanah hatiku .
Aku mau kirim lamaran ah | ke prusahaan apa? | ke prusahaan hati kamuuuu (ʃƪ) .
Udaah lama aku kurban | kurban apa? | kurban hatii aku buaaatt kamuuu.. aakkkkk

Kamu udh ada pengalaman? | udah pak | pengalaman apa? | pengalaman disakitin #interview #kemudianhening

Kamu udh ada pngalaman 1 tahun? Dibidang apa? | udah pa 1 thn lebih mlh sampe skrg , dibidang perjombloan #interview #kemudianhening

Gosipin orang teruss , ngomongin orang terussss.. Tapii knp hubungan kita gak pernah diomongin? #eaaa #kemudianhening

Ngerjain tugas tentang matakuliah itu lumayan capekk, tp klo ngrjain tugas tentang kamu hmmm kyknya gak ada capeknya #eaak #tugas

Tugas sih bisa selesai dr prtanyaan2 itu bisa di cari jawabannya tapii klo prtanyaan2 hatii tentang kamu kok gak kejawab2 ya #eaak #tugas

Menggambar itu perlu ketenangan, apa lg menggambar dihati kamu perlu ketenangan ekstra hati2.

Tau gak knp timbangan aku berat? Soalnya berat dipikiran aku lg mikirin kamu teruuss .

Tau gak knp aku suka tidur pagi? soalnya cuma dipagi yg sepi aku bisa mendengar suara hati ttg kamu.

Tau gak knp aku suka sama hujan dan dingin? soalnya aku berharap dikala hujan dtg dan dingin aku bisa melelehkan hati kamu lewat butir2annya.

Mimpi itu emang gak prnah jelas tp hati ini jelas sudaahhh hanya kamu yg masuk ke alam bawah sadar ku.

Jgnkan nunggu obat racik yg cuma bbrp jam , nunggu kamu ngerti maksd hati aku aja yg gak tau kpn kamu tau msh ditunggu sabar kok.

Lampu boleh mati, tapii hati aku ke kamu gak akan prnah mati.
Tau gak knp mlm hitam? Agar kita bisa mewarnainya bersama-sama. #eaa (ʃƪ)
Boleh pinjem pulpen?| boleh pinjem tipex?| klo pinjem tangan kamu boleh?| hah?| iya mau minta tolong lap kringet aku grogi deket kamu #eaa

Boleh pinjem pulpen? | iyaa , ini | oiya namanya siapa ya? Biar bisa bilang makasih pake nama #eaa #modus

sy kpn dipangil ya?| blm tau| yah sy mau makan dlu laper dr pagi blm makan| nanti dikbarin deh| no mba brp? Biar lbh gmpang ngabarin #modus

Minta cap dong | cap buat apaan? | cap buat verifikasi hati aku . Ahaaa :D

Dibilangan kbrp kamu akan brhenti mencintaiku? | dibilangan yg tak terbilang .. *keselek* haha

Kado ulang tahun ku apa? | separuh hati (˘˘ÊƒÆª) | terus sisanya | separuh lg buat yg lain #plak *salahgombal

Kata Hati "Kagum"



“kekaguman ku, hanya terdiam tanpa tersampaikan oleh pagi siang senja dan malam”
  
Andai dpt terlukis semua akan ku lukis hati yg bercampur, kenyataannya semua itu trlalu sulit, sulit digambarkan apa lg ungkapan kberanian.
Kata2 mengungkapkan hati yg penuh tanya , gambar melukiskan hati yg diam.
Diam dan kosong. Bukan menyerah tapi lelah tanpa arah.
Diam itu kalimat sunyi selalu berakhir dengan menunggu, menunggu sapa mu yg terdengar bisu.
Kapan wktu menarik kita dlm barisan sejajar menepiskan diam yg menjadi kalimat sunyi dan sapa yg tak prnah trucap.
Diujung malam tertulis pada semu aku berharap, berharap nyata entah kapan, mungkin esok atau tidak pernah selamanya.
Kadang ada kalanya memerlukan sandaran untuk bersadar karna lelah, lelah karna terus diam dengan tanya hati yg tak terjawab.
mungkin bukan sombong hanya ada yg hilang , keberaniannya yg hilang untuk menyapa.
Siang menyilaukan, siang yg bimbang melupakan pagi atau menantikan malam tetap disini untuk diam atau pergi melupakan.
Tapi selama ingatan adalah akarnya, melupakan adalah milik waktu, kapan pun itu.
Aku adalah angin, angin yg menyentuh tanpa terlihat hanya bisa dirasakan.

Ketika Hati Menulis Kata-Kata

“Pagii seseorang”

Pagii untuk embun yg menyapa dinginnya udara sampaikan kepada yg ku kagum.
Selamat pagii untuk rindu yg masih terjebak dikenangan dan untuk rindu yg hanya bisa mengagumi.
Sarapan apa pagi ini ? | kenangan dan dua bening matamu yg memenuhi barisan hari.
Aku selalu jatuh cinta dgn pagi | klo sama aku? | bentar, bentar aku cek isi hati dlu "
Selamaatt pagii, pagii selalu indah untuk sebuah awal .harapan itu dan segala sesuatunyaa..
Sarapan apa pagi ini? Sepiring harapan diawali dengan selamatt pagii untuk meninggalkan jejak2 sunyi senja .
Sarapan apa pagi ini ? "Sepiring harapan dan segelas kenyataan untuk mengawali hari"
Selamaatt pagii untuk mimpi yg hanya dpt dipandang tidak dpt disentuh.

"Siang..sebuah pertengahan dari awalnya pagi"
  
Siang menyilaukan, siang yg bimbang melupakan pagi atau menantikan malam.
Hallo siang.. mungkin bukan sombong hanya ada yg hilang , keberaniannya yg hilang untuk menyapa..
 
 “Pada malam aku terjaga, terjaga pada mimpi-mimpi dan harapan”
  
Malaam, tapii malam tidak benar benar mlm karna aku terjaga pada kekaguman yg mengusik stiap lelapku.
Malam.. Terjaga demi sepotong tanya untuk hati, yg tak jg menemui abjad jwbnya dan sapa tak jg brbalas semestinya, hrs kah diam menjadi pilihan?
Diamnya semakin terasa beriringan dengan malam yg tak berwarna, apa ini jg sbuah pilihan? Entah dimana keberanian itu bersembunyi.
Lebih baik terjaga pada setiap malam krna terlelap hanya membawa mimpi, mimpi yg begitu mengingkari kenyataan.
Masih sanggupkah aku berjalan berdampingan dengan mimpi, hingga wktu menjadikanmu satu2nya dasar mimpiku.
Malam tak pernah benar2 malam, aku terjaga pada mimpi yg semu.. Selamatt malam.
Setelah pagi kemudian siang dan menjadi malam yg kini hadir membawa hujan hingga rintiknya menghapus sunyi pd gelap yg lelah.
Dikala senja mulai tak berwarna ,malam menjadikannya mimpi.. mimpi yg hanya dpt dipandang tak dpt disentuh.

“Senja yang sunyii mengantarkan pada gelap malam yg menutup sinar”
  
Haiii senjaa yg mulaii menenggelamkan cahaya sinar ..
Aku jatuh cinta pada senjaa, senja yg mengantarkan sejuk serta sepii pada mimpi yg mengingkari kenyataan.
Aku selalu menanti senja menanti senja itu menyapa untuk mengantarkan kesejukan , senja itu kamu.
Hari ini senja dan hujan datang bersamaan mencatat sejarah kesendirian sepii yg terdiam.
Haii senjaa, mimpi, waktu.. harus brp kilometer lg aku berlari kearahmu masih jauhkah? Atau aku hrs berhenti sampai disini.

“Disaat hujan aku terdiam dan hanya menatap rintiknya”
  
Hujan yg ku pandang setetesnya membawa pengharapan kekecewan isak tangis tawa hingga kebahagian.
Cukup untuk hari ini. Berteman hujan, kesendirian, dan spotong mimpi-
Jawablah hujan, apa yg ingin kau hapuskan?? Kekaguman , ataukah kesunyian yg terdiam.
hujan punya crita sndiri "tetang kita" hujan juga yg menghapus jejak2 kita dan hujan juga yg mempertemukan kita diantara rintik2nya.